Harga Ayam Kampung Selalu Naik di Hari Raya

Harga Ayam Kampung Terbaru 2017Seperti biasa jelang hari raya atau hari-hari besar di Indonesia, berbagai komoditas pangan selalu naik, tak kecuali dengan harga ayam kampung yang juga selalu mengalami lonjakan harga.

Di sejumlah pasar tradisional, harga ayam kampung kini mencapai Rp 85 ribu perekor, sedangkan daging sapi hanya Rp 80 ribu per kilo.

Awalnya, harga daging sapi hanya Rp 65 ribu namun beberapa hari jelang Ramadan, harga daging terus melonjak hingga mencapai Rp 80 ribu. Sedangkan harga ayam potong yang sebelumnya dapat diperoleh dengan harga Rp 40 ribu kini melonjak mencapai Rp 50 ribu.

Kenaikan harga daging ini tentunya sangat membebani masyarakat utamanya kalangan perkotaan yang berharap bisa memikmati makan di hari raya dengan menyantap daging.

“Kami berharap pemerintah dapat menekan harga sehingga kami selaku konsumen tidak dipermainkan oleh pedagang,” tutur Hartiah yang ditemui saat berbelanja di Pasar Palakka.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Bone Andi Hasanuddin Akiel menjelaskan, pihaknya telah menjadwalkan pantauan harga dan menegur pedagang yang menaikkan harga secara sepihak. Menurutnya, kenaikan harga jelang hari raya sudah menjadi kenaikan tahunan. Namun harga yang diberikan pedagang harus sesuai dengan kemampuan masyarakat.